Makanan yang Perlu Dikonsumsi agar Lancar BAB

 

 

Sistem pencernaan harus dijaga kesehatannya agar terhindar dari persoalan yang tentu mengganggu kesehatan dan kenyamanan tubuh Anda. Salah satunya adalah kasus sembelit di mana menyebabkan sulitnya proses buang air besar. Agar lancar BAB lagi, Anda perlu mengonsumsi makanan tertentu yang dapat mengatasi sembelit tersebut secara efektif.

  1. Buah Segar

Buah-buahan yang segar serta mengandung serat serta air, bisa melancarkan proses BAB Anda. Apel adalah buah yang sangat bagus untuk melancarkan BAB. Rasa apel yang manis membuat banyak orang tergiur segera mencicipinya. Di balik rasanya yang manis tersebut, apel juga mengandung folat, vitamin A, C, kalium, dan mineral yang bagus untuk melancarkan proses buang air besar. Mineral yang terkandung pada apel juga melancarkan proses pembuangan.

Selain apel, Anda juga bisa mengonsumsi alpukat agar lancar BAB lagi. Alpukat mengandung lemak tunggal yang tidak hanya bagus dipakai untuk diet, tetapi kandungan seratnya sangat bagus dalam melancarkan pencernaan. Pisang juga kaya akan serat, sehingga sangat bagus melancarkan proses pencernaan manusia. Kandungan serat ini akan merangsang usus berkontraksi, sehingga bakteri baik di dalam pencernaan akan bekerja optimal dalam mengolah sisa-sisa makanan.

  1. Sayuran Hijau
READ  Fisura Ani Adalah Penyakit Anus. Apa Saja Gejala dan Penyebabnya

Sayuran hijau sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi agar lancar BAB. Kandungan seratnya sangat baik untuk mendukung proses pencernaan yang lancar tanpa kendala. Brokoli adalah salah satu jenis sayuran hijau yang berserat tinggi juga rendah kalori, sehingga menjadi sumber nutrisi yang luar biasa. Makanan pelancar buang air besar berikutnya adalah bayam. Sayur bayam yang sudah terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi di setiap helai daunnya. Selain seratnya yang tinggi tersebut, terdapat pula kandungan magnesium serta mineralnya yang bagus untuk merangsang pergerakan usus besar.

  1. Popcorn

Popcorn adalah salah satu produk olahan gandum yang mampu melancarkan proses BAB. Anda bisa memasukkannya ke dalam daftar makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi rutin agar lancar BAB. Mengonsumsi popcorn ini sangat efektif untuk mengobati sembelit juga. Hanya saja, Anda perlu berhati-hati untuk jangan menambahkan terlalu banyak garam ke dalam popcorn Anda.

  1. Kacang-Kacangan
READ  Ketahui berikut ini yang dimaksud penyakit gasritis

Setiap mangkuk kacang-kacangan dapat memberikan asupan serat dua kali lebih banyak dibandingkan dengan kebanyakan sayuran. Kacang tanah juga termasuk salah satu sumber serat yang baik. Beberapa jenis kacang yang direkomendasikan lainnya adalah kacang Brazil, kacang kenari, kacang pistachio, dan kacang almond.

Setiap 8 gram kacang almond mengandung sebanyak 3,3 gram serat, sedangkan dalam ukuran yang sama untuk kacang pistachio mengandung sebanyak 2,9 gram serat. Meski menjadi makanan yang sangat membantu agar lancar BAB, perlu diingat agar jangan terlalu banyak makan kacang karena kandungan kalorinya juga tergolong tinggi.

  1. Roti Gandum

Makanan yang berasal dari gandum juga kaya serat. Roti gandum whole wheat umumnya memang rendah lemak, tetapi tinggi dengan kandungan serat dan juga karbohidrat kompleks, sehingga bisa melancarkan proses BAB demi kesehatan dan kelancaran sistem pencernaan. Dr. Prather menyarankan agar sebelum membeli, tetap perhatikan label kemasan bahwa bahan yang tertulis harus mengandung kata “whole” atau “gandum utuh” untuk memastikan bahan dasar rotinya tersebut.

  1. Sereal Berserat Tinggi
READ  Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Gangguan Makan

Pilihan makanan lain agar lancar BAB adalah sereal yang berserat tinggi. Anda dapat memilih sereal yang berserat tinggi tersebut karena kini sudah banyak tersedia di pasaran. Anda bisa memilih sereal yang setiap sajinya mempunyai setidaknya sebanyak 5 gram serat. Apabila serealnya tidak mengandung cukup serat, Anda dapat menambahkan serat dari beberapa sendok makan dedak gandum ataupun benih lenan.

Berbagai jenis makanan di atas sangat membantu melancarkan proses BAB Anda. Bagi yang sedang mengalami sembelit, tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsinya agar sembelit yang dialami bisa segera diatasi.

 

Sumber Artikel:

www.cermati.com

hellosehat.com

 

Sumber Gambar:

doktersehat.com

www.soyjoy.id

kumparan.com