Cara Efektif Mengatasi Sembelit agar Tak Melilit

 

Gangguan pencernaan memang banyak jenisnya dan tak jarang bisa menjumpai siapa saja. Salah satunya yang mengganggu adalah sembelit. Selain kesulitan buang air besar, penderita sembelit terutama orang dewasa juga mengalami gejala-gejala lain, di antaranya adalah perut kembung, sebah, sakit perut, serta merasa ada sesuatu yang menyumbat dan membebani, BAB berdarah, serta bisa merasa sakit saat buang air besar.

Berbagai kondisi ini harus diwaspadai dan disadari untuk segera menangani sedini mungkin. Cara mengatasi sembelit berikut ini sangat membantu Anda agar kondisinya tak makin parah sampai perut melilit atau bahkan mengalami wasir.

  1. Meningkatkan Asupan Makanan Berserat

Asupan serat sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam porsi yang cukup agar mencegah terjadinya sembelit. Akan tetapi, makanan berserat tetap bisa mengatasi sembelit yang sudah terlanjur dialami. Konsumsi serat yang cukup dari makanan akan membuat feses jadi lebih lunak dan licin, sehingga lebih mudah melewati usus.

Untuk itu, makanlah buah serta sayuran segar setiap harinya, terutama buah pepaya. Meski demikian, jangan makan langsung banyak atau berlebihan karena bisa membuat perut kembung dengan kadar airnya yang banyak. Jadi, makanlah secara bertahap.

  1. Mengonsumsi Lebih Banyak Cairan
READ  Fisura Ani Adalah Penyakit Anus. Apa Saja Gejala dan Penyebabnya

Sembelit juga seringkali terjadi karena tubuh yang kekurangan cairan, sehingga mengalami dehidrasi. Faktanya, cairan justru harus dipenuhi karena sangat diperlukan oleh usus besar dalam rangka mengolah sisa makanan menjadi feses. Jika tubuh kekurangan air, maka usus besar akan menyerap air dari sisa makanan yang Anda makan. Hal inilah yang membuat feses menjadi kering dan keras sampai terasa sangat susah saat dikeluarkan.

Untuk itu, cara paling utama untuk mengatasi sembelit adalah memperbanyak asupan cairan untuk tubuh. Anda dianjurkan untuk mengonsumsi minum air putih sebanyak 8 gelas per hari. Akan tetapi, asupan cairan tersebut juga tidak hanya bisa diperoleh dari air minum saja. Anda juga bisa mengonsumsi sayur dan buah atau makanan berkuah lainnya untuk mengoptimalkan suplai cairan untuk tubuh Anda.

  1. Mengonsumsi Makanan Prebiotik

Mengatasi sembelit yang efektif selanjutnya adalah melalui mengonsumsi makanan prebiotik. Serat dari makanan prebiotik, seperti bawang bombay dan pisang, mampu meningkatkan kesehatan pencernaan dan keseimbangan bakteri baik di dalam usus demi meringankan masalah sembelit yang menyerang. Di samping itu, jenis serat galacto-oligosaccharides yang terkandung di dalam makanan prebiotik juga telah terbukti membantu meningkatkan frekuensi buang air besar, serta membuat feses jadi lebih lembut.

  1. Mengonsumsi Makanan Probiotik
READ  Flu Perut Adalah Muntaber. Yuk, Cegah Flu Perut dengan Gaya Hidup Higienis

Selain mengonsumsi makanan prebiotik, makanan yang mengandung probiotik mampu meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Hal ini berhubungan dengan kondisi sembelit yang seringkali disebabkan karena adanya ketidakseimbangan jumlah bakteri dalam usus. Merangkum isi penelitian dari King’s College London yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, terdapat 14 studi berbeda yang sudah membuktikan adanya manfaat probiotik sebagai cara efektif untuk mengatasi sembelit.

Kesimpulannya, rata-rata bakteri probiotik mampu mempercepat waktu yang diperlukan makanan untuk berjalan sejak masuk ke mulut, saluran pencernaan, hingga sampai keluar menjadi feses. Efek probiotik yang mampu memangkas waktu pemrosesan makanan tersebut bisa sampai 12,4 jam lebih cepat. Probiotik juga mampu melunakkan feses serta meningkatkan frekuensi BAB mingguan.

  1. Rutin Berolahraga
READ  Yuk Cari Tahu Cara Mengatasi Gangguan Makan

Aktifitas fisik juga mampu meningkatkan kekuatan otot usus serta pergerakannya. Hal ini sangat berperan dalam melancarkan sistem pencernaan serta membantu mengatasi sembelit.

  1. Jangan Menunda BAB

Menunda BAB bukanlah hal yang baik. Jangan sampai Anda menunda BAB karena bagaimanapun hal tersebut tidak baik. Kondisi sembelit bisa menyerang di kemudian hari jika terdapat banyak penumpukan feses di dalam usus yang menyebabkannya merekat dan menjadi padat. Tentu saja hal ini harus dihindari dengan rutin BAB, tanpa menunda ataupun menahannya.

Berbagai cara efektif untuk mengatasi sembelit di atas memang sangat tepat dilakukan demi menyehatkan tubuh. Solusi atas persoalan sembelit yang sudah terjadi dapat dihentikan dengan penanganan cepat lewat asupan serat dan cairan untuk tubuh. Gaya hidup sehat di atas sangat membantu.

 

Sumber artikel:

www.honestdocs.id

hellosehat.com

 

Sumber gambar:

www.liputan6.com

www.sehatq.com