Amebiasis Adalah Infeksi Usus

 

Pernahkah kamu mendengar tentang amebiasis sebelumnya? Ambiasis memang bukan nama penyakit yang terdengar familiar bagi masyarakat umum. Sebenarnya, apa itu amebiasis? Dilansir dari hellosehat.com amebiasis adalah infeksi usus besar dan terkadang infeksi hati. Parasit yang menyebabkan kondisi ini adalah entamoeba histilytica. Ini adalah satu-satunya jenis dari delapan jenis amoeba yang menyebabkan amebiasis. Menurut alodokter.com amebiasis adalah infeksi parasit pada usus yang disebabkan oleh parasit Entamoebae histolytica atau E. Histolytica. Entamoba berasal dari gabungan parasit tunggal yang bertekstur seperti jeli dan dapat hidup di dalam atau permukaan kulit manusia dan binatang. Parasit ini bergerak dengan mengubah struktur tubuhnya dan dapat berkembang biak dengan sendirinya. Semua orang berisiko terkena infeksi amebiasis, terlebih pada orang yang berkunjung ke negara beriklim tropis dan daerah dengan sanitasi yang buruk. Orang yang memiliki daya tahan tubuh rendah dan pria yang melakukan seks sesama jenis juga berisiko untuk terjangkit infeksi ini. berdasarkan WHO atau organisasi kesehatan dunia, sepuluh persen penduduk di dunia terjangkit amebiasis.

READ  Cara Efektif Mengatasi Sembelit agar Tak Melilit

Lalu, bagaimana dengan tanda dan gejala yang dirasakan oleh penderita penyakit ini? menurut hellosehat.com gejala amebiasis adalah feses cair, perut terasa keram, dan merasakan sakit perut. Akan tetapi, kebanyakan orang dengan penyakit ini tidak akan mengalami gejala yang begitu siginifikan. Gejala akan muncul biasanya setelah dua sampai empat minggu infeksi ataum mungkin butuh beberapa bulan untuk mendeteksi penyakitnya. Gejala umum dari penyakit ini di antaranya adalah diare disertai darah dan durasinya mencapai sepuluh hingga dua belas kali perhari, ketika buang air besar, kotorannya kental, banyaknya gas dalam perut dan gejala umum seperti sakit punggung, lelah dan demam.

Ketika kamu sudah merasakan salah satu atau beberapa gejala dari yang tertera di atas, segera hubungi dokter dan berkonsultasi. Terlebih jika kamu sudah mengalami gejala seperti sakit perut pada bagian kanan, penyakit kuning, demam tinggi, diare yang disertai darah dan gejala yang menganggu lainnya. Jangan pernah sepelekan gejala yang terjadi pada tubuhmu dan menunda untuk berkonsultasi pada dokter. Karena kamu akan merasakan dampak negatif yang lebih besar ketika membiarkan gejala tersebut dan memicu penyakit lainnya yang lebih parah.

READ  Ketahui beberapa gejala penyakit gastroenteritis yang dapat kamu tangani

Apa saja penyebab dari infeksi amebiasis ini? menurut alodokter.com amebiasis adalah infeksi yang akan terjadi ketika parasit E. Histolytica masuk ke dalam tubuh dan menetap dalam usus. Dia akan menular melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi. Lalat, nyamuk dan serangga juga berisiko menjadi penyalur parasit. Selain itu penyakit ini juga akan menular lewat tanah, air, pupuk aau tangan orang yang sudah terpapar tinja yang mengandung parasit tersebut. Orang yang sudah tertular beresiko mengalami infeksi amebiasis parah ketika dia mengonsumsi alkohol, sedang hamil, menderita kanker, dan menggunakan obat kortikosteroid yang menekan sistem imun tubuh. Saat parasit masuk ke saluran pencernaan, mereka akan melepaskan zat aktif yang disebut sebagai trophozite. Parasit ini lalu berkembang biak di saluran pencernaan dan bermigrasi ke usus besar. Di sana, mereka bisa masuk ke dinding usus atau susu besar. Hal inilah yang menyebabkan diare berdarah, kolitis dan kerusakan jaringan pada usus.

READ  Ciri-ciri Gangguan Makan Yang Harus¬† Kamu Kenali

Lalu bagaimana dengan pengobatan yang dapat dilakukan untuk infeksi amebiasis ini? Menurut hellosehat.com pengobatan untuk amebiasis adalah  melalui resep yang mencukupi dari dokter. Dokter akan memeriksa kotoran dan memastikan bahwa parasitnya sudah keluar dari tubuh. Dokter juga menyarankan untuk mengonsumsi obat seperti metronidazole dan lodoquinol. Namun, obat ini memiliki efek samping seperti mual, sakit kepala, dan warna urin yang gelap.

 

Sumber: hellosehat.com