5 Penyebab Seseorang Mengalami Sembelit

Sembelit merupakan suatu kondisi yang bisa menyerang siapa saja. Ketika Anda merasakan tidak enak diseluruh tubuh Anda, lelah, dan merasa kembung. Coba untuk mengingat kembali kapan terkhir kali Anda membuang air besar di toilet? Nah jika Anda ternyata memiliki kesulitan untuk membuang air besar dalam waktu yang relatif cukup lama, itu berarti Anda mengalami sembelit. Menurut Dr, Riana Nirmala Wijaya, sembelit adalah kondisi ketika pencernaan tidak bisa berfungsi normal sehingga susah BAB (buang air besar). Jika frekuensi untuk BAB dalam seminggu kurang dari 3 kali, maka orang itu bisa disebut mengalami sembelit atau istilah lainnya yaitu konstipasi. Jika sudah kronik, akan lebih susah untuk diterapi dan bisa mengindikasikan gejala kondisi medis lain. Hal itu dikarenakan tinja sudah menjadi keras dan juga kering sehingga akan lebih susah untuk dikeluarkan melalui anus. Mungkin, sebagian dari Anda tidak mengetahui penyebabnya. Lalu apa saja sih penyebab sembelit itu? Berikut 5 Penyebab Sembelit.

READ  Ketahui beberapa gejala penyakit gastroenteritis yang dapat kamu tangani

Penyebab Sembelit

Akibat banyaknya sisa makanan dalam waktu yang lama tertinggal, mengakibatkan usus besar menyerap air dalam jumlah yang banyak. Hal itu mengakibatkan tinja akan menjadi kering dan keras. Ada beberapa penyebab sembelit, antara lain:

  1. Kebiasaan Mnegkonsumsi Fast Food (makanan cepat saji)

Fast food atau yang lebih dikenal dengan sembelit sebutan makanan cepat saji seperti kentang goreng, ayam krispi, serta beraneka macam keripik mengandung sangat tinggi lemak jenuh. Seringnya makan fast food, bisa menyebabkan gangguan penceranaan berupa sembelit. Meskipun mungkin banyak orang yang sangat gemar untuk menkonsumsi makanan cepat saji, namun jika terlalu sering juga akan berdampak buruk untuk kesehatan. Jenis makanan yang didalamnya terkandung lemak jenuh tinggi bisa menjadi lambat untuk dicerna.

 

  1. Kurang Mengkonsumsi Serat

Asupan serat dapat diperoleh dari sayur, buah, kacang-kacangan, dan biji-bijian bisa membantu tinja agar lebih lunak serta mudah bergerak pada saluran pencernaan. Jika asupan serat Anda kurang, dapat menyebabkan masalah kesehatan sembelit.

READ  Cara Efektif Mengatasi Sembelit agar Tak Melilit

Serat itu ternyata sangat penting lho, karen serat bisa mengikat lemak dari makanan yang biasa dikonsumsi sehari-hari.

 

  1. Obat-Obatan

Penyebab sembelit selanjutnya yaitu obat-obatan. ‘Seperti dilansir dari halaman Alodokter’, Obat-obatan seperti suplemen kalsium, zat besi, antidepresen, obat antiepilepsi, antipsikotik, obat untuk Pereda nyeri seperti golongan narkotik juga bisa menjadi penyebab sembelit.

 

  1. Faktor Psikologis

Ternyata faktor psikologis bisa menjadi salah satu penyebab sembelit lho. Bagi orang yang mempunyai masalah psikis seperti depresi, cemas, stres, trauma kekerasan, hingga pelecehan seksual bisa menyebabkan seseorang susah BAB. Tanpa disadari, masalah psikis yang dimiliki seseorang bisa membuat tubuh masuk ke dalam mekanisme, hal itu menyebabkan aliran darah menuju saluran pencernaan lebih sedikit. Proses untuk menyerap nutrisi serta pembentukan tinja akan berkurang secara drastis.

READ  Fisura Ani Adalah Penyakit Anus. Apa Saja Gejala dan Penyebabnya

 

  1. Kurang Air Putih

Minum air putih yang cukup, usus besar bisa dengan mudah mencerna makanan serta pembentukan tinja. Jika tubuh kekurangan air putih, tentu bisa menyebabkan susah BAB. Seringkali, banyak orang yang menyepelekan untuk minum air putih yang cukup setiap harinya. Kurangnya air putih, proses penyerapan pada makanan akan tidak lancar, hal tersebut tentunya dapat memicu kotoran di dalam usus menumpuk. Kotoran tersebutlah yang menyebabkan susah BAB atau sembelit.

Segala masalah yang terjadi tentu ada penyebabnya, termasuk sembelit. Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan sembelit, tugas Kita adalah berusaha sebisa mungkin agar tidak melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan sembelit. Dengan mengetahuinya, Kita bisa terhindar dari masalah pencernaan tersebut. Tentu jika tubuh sehat, Kita juga akan melakukan aktifitas dengan semangat setiap harinya.

 

Sumber: Alodokter.com